Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Pengalaman
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1.
IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta
sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2.
IPA : Mengenal cara mememlihara lingkungan agar
tetap sehat
3.
PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4.
Matematika : Menggunakan pengukuran
waktu dan panjang
5. Bahasa Indonesia :
·
Mendengarkan
: Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·
Berbicara
: Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan
dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan,
benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
· Membaca : Memahami teks
pendek dengan membaca nyaring.
· Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6. Seni Budaya dan
Keterampilan : Mengapresiasi karya seni
tari.
Kompetensi Dasar :
1. IPS :
·
Menceritakan pengalaman
·
Menceritakan kasih sayang antar
anggota keluarga.
2. IPA :
·
Mengenal cara menjaga lingkungan
agar tetap sehat
3. PKN :
·
Memberikan
contoh hidup rukun melalui kegiatan di
rumah maupun di sekolah.
4. Matematika :
·
Menentukan
waktu ( pagi, siang, malam) hari dan jam ( secara bulat)
5. Bahasa
Indonesia :
·
Membedakan bunyi bahasa
·
Mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi yang sesuai.
·
Membaca nyaring suku kata dan kata
dengan lafal yang tepat.
·
Menjiplak berbagai bentuk gambar,
lingkaran, dan bentuk huruf.
·
Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·
Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
·
Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
6.
Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Menidentifikasi fungsi tubuh
dalam melaksanakan gerak di tempat.
·
Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah.
I. Tujuan
Pembelajaran** :
·
Siswa dapat menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak
menyenangkan..
·
Siswa dapat menjelaskan menjelaskan kasih sayang orang tua.
·
Siswa dapat Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga.
·
Siswa dapat menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan rumah dan
sekolah..
·
Siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun.
·
Siswa dapat membandingkan anatara hidup rukundan tidak rukun..
·
Siswa dapat menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan.
·
Siswa dapat memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi,
siang dan malam hari.
·
Siswa dapat mengurutkan nama –nama hari, bulan dan membaca jam pas.
·
Siswa dapat menggambar jam dan meletakkan jarum jam sesuai kegiatan.
·
Siswa dapat mendeklamasikan puisi.
·
Siswa dapat mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami..
·
Siswa dapat membaca huruf, kata dan kalimat dengan suara nyaring dan lafal
yang benar.
·
Siswa dapat menjiplak, menebalkan, menyalin huruf, kata dan kalimat dengan
bentuk huruf/ tulisan yang baik.
·
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.
·
Siswa dapat menyebutkan macam-macam gerakan di tempat dan gerakan berpindah
tempat
v
Karakter
siswa yang diharapkan :
v Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta
tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab.
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Peristiwa masa kecil
·
Perawatan dan pemeliharaan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah..
·
Hidup rukun dalam perbedaan.
·
Satuan pengukuran.
·
Pengucapan bunyi
·
Puisi anak
·
Membaca nyaring.
·
Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat.
·
Unsur-unsur gerak tari bersumber dari gerak hewan, tumbuhan, dan bunyi
iringan tari..
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
Apresepsi/
Motivasi :
·
Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat
peraga.
·
Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan
tugas/ PR
·
Mengingatkan pada pelajaran yang lalu.
B. Kegiatan inti :
Minggu I
Pertemuan
pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mengamati dua
gambar rumah yang bersih dan kotor.
F
Menyatakan
pendapatnya tentang gambar yang
ditampilkan.
F
Menjelaskan
kegiatan yang dilakukan orang tua pada pagi hari.
F
Menjelaskan
sikap yang dapat menjaga kerukunan dalam keluarga.
F Menjelaskan sikap yang tidak terpuji yang dapat menghancurkan
kerukunan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Membedakan
dan memilih gambar mana yang disukai.
F
Melalui
cerita yang disampaikan guru siswa termotivasi untuk menjelaskan cara membersihkan
rumah.
F
Menyebutkan
keuntungan dari membersihkan lingkungan rumah.
F
Melalui
model/ gambar yang menceritakan hidup rukun, siswa menceritakan manfaat hidup
rukun dalam keluarga.
F
Melalui
cerita guru, siswa termotivasi untuk menyebutkan contoh kegiatan yang dilakukan
anak-anak pada pagi hari.
F Mengisi tabel kegiatan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke
dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Melalui alat,
siswa mendengarkan suara binatang.
F
Melalui
motivasi guru, siswa mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan.
F
Menceritakan
peristiwa yang menyenangkan yang diabadikan melalui foto.
F
Menjelaskan
kegiatan yang dilakukan pada siang hari oleh anak-anak.
F Menjelaskan kegiatan yang dilakukanorang tua pada siang hari.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan nama binatang yang ditiru suaranya.
F
Memperagakan
gerakan binatang yang ditiru suaranya.
F
Memberikan
pendapat pada cerita yang disampaikan.
F Membuat tabel kegiatan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengalaman siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh
kegiatan yang dapat dilakukan pada malam hari.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui tiruan suara binatang,
siswa menjelaskan ciri-ciri dari binatang yang ditiru suaranya.
F Memperagakan gerakan binatang
yang ditiru suaranya.
F Menyususuntabel kegiatan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mealui
motivasi guru siswa dapat mendeklamasikan lagu anak.
F
Mendeklamasikan
lagu anak tanpa melihat catatan.
F
Mendeklamasikan
lagu anak secara klasikal.
F Melalui pengalaman dan penjelasan guru, siswa
menyebutkan nam –nama hari secara berurut.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menjelaskan
kegiatan yang biasa dilakukan pada tiap-tiap hari.
F Menjelaskan kegiatan sekoalh pada hari-hari tertentu.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mendeklamasikan lagu anak dengan suara nyaring secara
individual.
F Mengungkapkan perasaan ketika mendeklamasikan lagu
tersebut.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Membuat
daftar kegiatan siswa setiap hari.
F
Menyusun
rencana kegiatan pada hari-hari tertentu.
F
Mengerjakan
soal latihan.
F Mmeberikan pendapat ketika temannya berdeklamasi.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3x 35
menit (Seni Budaya dan Keterampilan,
Bahasa
Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menceritakan isi puisi / deklamasi.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Memperagakan
gerakan melompat, pada gerakan tari yang diiring tepukan.
F
Memperagakan
gerakan melenggang pada gerakan tari yang diiringi tepukan.
F
Memperagakan
gerakan melangkahkan kaki pada gerakan tari yang diiringi tepukan
F
Melakukan
tanya jawab tentang deklamsi tersebut.
F Membuat kesimpulan tentang isi puisi/ lgu yang dideklamasikan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan kerugian bila kita tidak rukun dengan anggota keluarga
atau teman.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melalui
contoh peragaan membersihkan kelas, siswa termotivasi untuk menjelaskan manfaat
dari membersihkan sekolah.
F
Memperagakan
cara membersihkan kelas.
F
Menyebutkan
bagian kelas yang dapat dibersihkan.
F
Setelah
mendengarkan cerita dalam gambar, siswa membandingkan antara hidup rukun dan
tidak rukun.
F
Mendiskusikan
sikap yang baik agar tetap terjaga kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
F
Melalui
pengalaman dan penjelasan guru, siswa menyebutkan nama bulan dalam setahun.
F Menuliskan nama bulan kelahiran anggota keluarganya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35
menit ( Bahasa Indonesia, IPS,
Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Melalui
cerita guru, siswa termotivasi untuk mennyampaikan peristiwa penting yang
dialami sehari di sekolah.
F
Mendengarkan
dengan sungguh-sungguh ketika temannya bercerita.
F
Melalui
pengalaman, siswa dapat menjelaskan tentang kasih sayang orang tua tidak ada
yang menggantikannya.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menyebutkan
bukti kasih sayang orang tua terhadap anaknya.
F
Menyebutkan
sikap yang terpuji seorang anak kepada orang tuanya.
F
Mengucapkan
doa yang khusus untuk orang tua.
F
Menyusun
kegiatan, peristiwa pada tiap bulannya.
F Menuliskan nama bulan kelahiran temannya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mengamati
kartu huruf yang sudah dipelajari dan dirangkai menjadi kata.
F Membacanya dengan suara nyaring.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menyusun
huruf tambahan y,g,j dengan huruf yang sudah dipelajari.
F
Membuat kata
yang baru, yang disusun dari huruf lama dan huruf baru.
F
Membaca
susunan kata yang digabung menjadi kalimat sederhana.
F
Menyebutkan
nama bulan dalam setahun secara berurut dari bulan ke satu sampai bulan ke dua
belas tanpa ada yang terlewat.
F
Menyebutkan
jumlah hari pada tiap bulannya.
F Menyebutkan nama bulan yang jumlahnya 30 hari.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke
empat 2 x 35 menit. ( Bahasa
Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Membaca
dengan suara nyaring gabungan kata-kata yang ditulis di papan tulis.
F Menjelaskan kegunaan jam sebagai penunjuk waktu.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Membuat
kalimat baru dari huruf-huruf yang sudah dipelajari.
F
Melalui
pengalaman dan penjelasan dari guru, siswa mengenal jam analog.
F Menyebutkan macam-macam jam yang dikela siswa.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Membaca
kalimat yang didiktekan guru dengan
suara yang nyaring dan lafal yang benar.
F Membaca kaliamt yang didiktekan secara klasikal dan individual.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Mengamati jam
analog yang mempunyai jarum detik, menit dan jam.
F
Mengamati
angka yang tertera pada jam.
F Mengamati perputaran jarum jam pada tiap deti, menit dan jam.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke
enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menebalkan kata dan kalimat sederhana dengan menggunakan huruf
lepas dan sambung.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Memperagakan
gerakan-gerakan tiruan kupu kupu sambil
diiringi lagu.
F
Memperagakan
grakan –gerakan tiruan burung sedang terbang sambil diiringi lagu.
F
Menjiplak dan
menebalkan bentuk gambar dan huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, l ,g, j, dan y
F Menjiplak dan menebalkan suku katadan kata
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Membaca tanda
waktu yang ditunjukkan denganjarum jam analog.
F Membaca jarum jam secara individual dan klasikal.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Setelah
menyampaikan berbagai penjelasan, siswa menyebutkan alat-alat yang dapat
digunakan untuk membersihkan rumah dan sekolah.
F
Membubuhkan
jarum jam pada gambar jam.
F Menyampaikan contoh dari akibat tidak menjaga kerukunan dalam
kehidupan sehari-hari.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke
dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan bahwa sesama anggota keluarga harus menjaga kasih sayang
dan saling menghormati.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menuliskan
kembali kata, kalimat sederhana dari
papan tulis atau buku dengan tulisan
lepas yang rapi dan terbaca.
F
Menuliskan
kembali kata, kalimat sederhana dari
papan tulis atau buku dengan tulisan
sambung yang rapi dan bentuk huruf yang benar.
F
Menceritakan
tentang kasih sayang antara anggota keluarga .
F
Menyebutkan
bukti-bukti kasih sayang mereka kepada kita.
F
Menggambar
jam sesuai denga kegiatan yang ditunjukkan oleh gambar.
F Melengkapi gambar jam dengan membubuhkan jarum pendek
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menggambar jam dengan peletakan jarum dan penulisan angka dengan
tepat.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menuliskan
kembali kalimat sederhana yang ditulis guru pada buku tulis sendiri dengan
menggunakan huruf lepas.
F
Menuliskan
kembali kalimat sederhana yang ditulis guru pada buku tulis sendiri dengan
menggunakan huruf sambung.
F Menggambar jam sesuai dengan kegiatan yang ditukis oleh guru.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke
empat 2 x 35 menit. ( Bahasa
Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mengamati
gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari di rumah .
F Membaca jam dengan menggunakan model jam analog.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melengkapi
kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar yang diamati.
F Menggambar jam dengan meletakkan jarum pendek dan jarum
panjang dengan tepat.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari di pasar .
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menggambar
jam dengantepa dalam peletakan jarum pendek dan jarum panjang.
F
Membuat jam
mainan yang dapat digunakan untuk model.
F Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar
yang diamati.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke
enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Memperagakan
gerakan tiruan bunga yang bergoyang sambil diiring musik
F
Mmperagakan
gerakan tiruan pohon bergoyang sambil diiringi musik.
F Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar
yang diamati.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan akhir
Dalam
kegiatan akhir, guru:
F
Membuat
kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F
Mengerjakan
post tes
F
Pemberian PR
/ tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA
F
Buku Sains SD
Kelas 1, Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA
F
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA
F
Buku
Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA.
F
Buku Bina
Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA
F
Buku Saya
Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku tematik PT. TEKINDO UTAMA.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku tematik
PT. TEKINDO UTAMA.
Alat Peraga :
F
Gambar
makanan sehat dan makanan tidak sehat..
F
Gambar keluarga
dari majalah / foto keluarga.
F
Kartu huruf,
kartu kata, kalimat
F
gambar dan
model jam analog.
F
selendang,
rebana.
F Gambar alat kebersihan..
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah
pembelajaran
Nilai Budaya
Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||
· Disiplin,
· Kerja keras
· Kreatif,
· Demokratif
· Rasa Ingin tahu,
· Cinta tanah air,
· Bersahabat,
· Menghargai prestasi,
· Gemar membaca,
· Peduli lingkungan,
· Peduli sosial,
· Tanggung jawab.
|
1. IPS
:
·
Menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan .
·
Menjelaskan kasih sayang orang tua kepada anaknya.
·
Menceritakan hubungan kasih sayang antar anggota keluarga.
2. IPA
:
·
Menjelaskan cara membersihkan rumah dan halaman.
·
Melakukan perawatan kebersihan di sekolah.
·
Menyebutkan alat-alat untuk kebersihan rumah dan sekolah.
3. PKN
:
·
Menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
·
Membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
·
Menjelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan.
4. Matematika
:
·
Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang, dan
malam hari.
·
Mengurutkan nama-nama hari dalam seminggu.
·
Mengenal nama-nama bulan dalam setahun.
·
Membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog ( jam dinding)
jam pas.
·
Menggambar jam sesuai dengan kegiatan
·
Menentukan letak jarum jam pada gambar jam dengan tepat.
5.
Bahasa Indonesia.
·
Membedakan berbagai bunyi suara atau suara tertentu secara tepat.
·
Mendeklamasikan puisi sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dengan
gerak dan mimik yang sesuai.
·
Mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami.
·
Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan
kalimat sederhana.
·
Membaca nyaring (didengar siswa lain) kata demi kata.
·
Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
·
Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·
Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku
dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
·
Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru
dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Melengkapi kalimat yang belum
selesai sesuai dengan gambar
6. Seni
Budaya dan Keterampilan. :
·
Menyebutkan bermacam-macam gerak di tempat maupun berpindah tempat.
·
Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai fungsinya.
·
Mengidentifikasi gerak tiruan hewan
yang dapat terbang
·
Mengidentifikasi gerak tiruan tumbuhan.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
Uraian
isian
|
1. IPS
:
·
Ceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan .
·
Jelaskan kasih sayang orang tua kepada anaknya.
·
Ceritakan hubungan kasih sayang antar anggota keluarga.
2. IPA
:
·
Jelaskan cara membersihkan rumah dan halaman.
·
lakukanlah perawatan kebersihan di sekolah.
·
Sebutkan alat-alat untuk kebersihan rumah dan sekolah.
3. PKN
:
·
Ceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
·
Bandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
·
Jelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan.
4. Matematika
:
·
Sebutkanlah contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang,
dan malam hari.
·
Sebutkanlah mengurutkan nama-nama hari dalam seminggu.
·
Sebutkanlah Mengenal nama-nama bulan dalam setahun.
·
Jelaskanlah membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog (
jam dinding) jam pas.
·
Gambarkanlah jam sesuai dengan
kegiatan
·
Tentukanlah letak jarum jam pada
gambar jam dengan tepat.
5.
Bahasa Indonesia.
·
Bedakanlah berbagai bunyi suara atau suara tertentu secara tepat.
·
Sebutkanlah puisi sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dengan gerak
dan mimik yang sesuai.
·
Bagaimana cara mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami.
·
Bagaimana cara Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata,
kata –kata dan kalimat sederhana.
·
Bagaimana cara Membaca nyaring (didengar siswa lain) kata demi kata.
·
Bagaimana cara Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
·
Bagaimana cara Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·
Bagaimana cara Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan
tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
·
Bagaimana cara Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis
yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf
tegak bersambung.
·
Bagaimana cara Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar
6. Seni
Budaya dan Keterampilan. :
·
Sebutkan bermacam-macam gerak di tempat maupun berpindah tempat.
·
Jelaskanlah gerak kaki dan tangan
sesuai fungsinya.
·
Jelaskanlah gerak tiruan
hewan yang dapat terbang
·
Jelaskanlah gerak tiruan tumbuhan.
·
LKS
·
Lmbar observasi.
|
I.
Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
………………..…………
NIP
…………………
|
……....,
………………… 20…
Guru
Tematik Kelas I
…………………...………
NIP
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pengunjung yang baik mohon tinggalkan komentar nya yaa..